Pahami Ini Sebelum Menggunakan Jasa Pembuatan Aransemen Lagu

Jasa pembuatan aransemen lagu adalah jasa yang bergerak di bidang aransemen lagu. Lagu-lagu yang diaransemen mencakup semua genre lagu dalam musik. Lagu yang diaransemen juga dapat dibuat atau dimiliki oleh orang lain dengan izin terlebih dahulu dari pemilik lagu. Anda juga tentunya bisa belajar meskipun telah menggunakan jasa pembuatan aransemen ini.

Tips Membuat Aransemen Lagu


1. Referensi Musik
Inilah kunci atau key point dalam mencari ide/inspirasi, karena tidak ada musisi yang bisa menciptakan musik/lagu tanpa referensi musik. Kualitas karya kita sangat tergantung pada kualitas wawasan musik kita, semakin banyak wawasan musik yang kita miliki semakin banyak referensi dan tentu saja akan semakin beragam ide yang muncul. Karya terbaik adalah kombinasi dari banyak referensi, seringkali kombinasi ini dapat menghasilkan karya yang segar, inspiratif, indah dan cerdas.

2. Melodi Lagu Dan Lirik / Syair Lagu
Ini merupakan langkah awal yang penting dalam proses pengungkapan sebuah karya musik yang utuh, tentunya harus dimulai dari menciptakan karya musik yang baik, kemampuan menyusun nada berdasarkan kemampuan alami. Biasanya orang yang bisa menciptakan nada atau melodi lagu adalah mereka yang memiliki kemampuan reseptif dan kreatif yang baik, yang merupakan bakat alami, tetapi mereka masih bisa meneliti dan menganalisa untuk menemukan melodi yang bagus, indah, bermakna.

3. Irama / Ritme
Irama atau ritme adalah dasar dari musik yang harus diperhatikan, sekaligus menentukan aliran (genre) musik yang akan dibawakan, biasanya jika kita berada dalam bentuk grup, biasanya pembuat beat utama adalah drum dan bass diikuti oleh ritme dan melodi keyboard gitar dan piano. Dari ritme inilah kita dapat menentukan kemana kita ingin mengarahkan selera musik kita.

Sebuah karya yang baik tentunya harus memiliki ritme yang kuat dan penuh, terlebih harus memiliki penekanan yang baik. Penerapan ritme juga menjadi faktor penentu apakah sebuah karya musik itu monoton atau tidak.

4. Harmoni
Harmoni merupakan kemampuan untuk menggabungkan nada-nada sedemikian rupa untuk menciptakan perpaduan nada yang baik (harmonis), Anda juga harus memperhatikan kombinasi instrumen dan vokalnya, misalnya gitar atau piano harus mendukung vokal pendukung. Untuk mengaransemen musik yang bagus, seringkali hal ini sangat penting karena sangat mengganggu jika ada bagian yang tidak harmonis dalam komposisi atau aransemennya.

5. Tempo
Tempo adalah kecepatan pemutaran lagu/track, jika pengaturan tempo kurang baik bisa mempengaruhi kualitas aransemen track, dalam musik ada 3 faktor utama. Tempo khusus adalah tempo lambat, tempo sedang, dan tempo cepat. Kita perlu mengenali dan merasakan tempo yang paling cocok untuk track/lagu kita, biasanya alat untuk mengukur tempo disebut metronom, sekarang dengan alat ini kita bisa menentukan dengan tepat tempo yang diinginkan.

6. Dinamika
Dinamika adalah volume atau kelembutan suara yang ditransmisikan, dinamis sangat identik dengan perasaan dan jiwa, seorang arranger yang baik harus memiliki kepekaan dinamis yang besar dan mampu beradaptasi. Ia harus tahu kapan harus bermain lembut dan kapan harus bermain keras atau kuat, sebuah karya musik yang baik tentu harus memiliki dinamika yang baik, permainan dinamis dapat diasah dengan meningkatkan pemahaman musik.

7. Ketukan & Birama
Ketukan adalah tanda aksen tetap yang memandu pemutaran musik sementara birama adalah hitungan tetap untuk memutar musik. Kita sering mendengar bahwa besarannya adalah 4/4, 2/4 atau 6/8. Jadi harus disesuaikan dengan warna musik yang diinginkan.

Nah, jika memang Anda membutuhkan jasa aransemen lagu, Anda bisa langsung ke Ranjasa Musik Studio bisa membuat berbagai jenis musik menggunakan alat-alat musik berkualitas terbaik dari Amerika dan Jerman sehingga hasil aransemen yang dihasilkan akan memuaskan telinga.

Deskripsi : jasa pembuatan aransemen lagu bisa ke Ranjasa Musik Studio dengan beberapa tips pemahaman agar bisa mendapatkan hasil terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Rekomendasi Angkringan Jogja, Cocok Untuk Liburan Previous post Rekomendasi Angkringan Jogja, Cocok Untuk Liburan
Keuntungan Integrasi Jurnal dengan Aplikasi Kasir Olsera Next post Keuntungan Integrasi Jurnal dengan Aplikasi Kasir Olsera