Melawan Persiraja Malam Ini, Persib Dihantui Kartu Kuning

Persib Bandung kembali berpeluang meraup tiga poin pada laga pekan ke 29 Liga 1 melawan Persiraja Banda Aceh di Stadion Gelora Ngurah Rai Denpasar, Bali, Sabtu (5/3) malam. Di atas kertas Persib memang jauh lebih diunggulkan ketimbang Persiraja. Persib berada di urutan kedua klasemen sementara dengan raihan 57 poin, sementara Persiraja di rurutan 18 atau juru kunci dengan 13 poin. Meski demikian, Pelatih Persib, Robert Alberts, mengaku tak mau kehilangan kewaspadaan karena apa pun mungkin terjadi dalam sepakbola.

Sekalipun, sejauh ini Persiraja masih terseok di posisi juru kunci, ujar Robert, Persiraja mengalami kemajuan yang signifikan setelah kedatangan banyak pemain baru dan hadirnya pelatih baru. Di tangan pelatih anyar asal Brasil, Sergio Alexandre, yang diperkenalkan sejak awal putaran kedua, Persiraja mulai menunjukkan grafik positif. Persiraja sukses menahan imbang empat tim besar, yakni Persipura Jayapura (16/1/2022), Persela Lamongan (26/1), Arema FC (10/2), dan Barito Putera (27/2).

Defri Rizki dan kawan kawan bahkan sukses menekuk Persija Jakarta meski dengan skor tipis 1 0 pada laga yang berlangsung akhir Januari lalu. "Seperti yang kita tahu Persiraja di putaran kedua sungguh sangat berbeda. Mereka betul betul bisa mempersiapkan diri di putaran kedua dengan baik. Bagaimana kita melihat bahwa mereka mempunyai hasil yang bagus dengan formasi ketika mereka bertahan, dengan menerapkan defensif kuat dan ketat, dan itu bisa dilihat dari hasil akhirnya," ujar Robert dalam konferensi pers virtual pre match, Jumat (4/3). Itu sebabnya, ujar Robert, ia akan tetap menurunkan kekuatan terbaiknya pada laga nanti, sekalipun berisiko karena sejumlah pemain telah mengoleksi kartu kuning.

Selain Beckham Putra yang tak bisa bermain karena akumulasi kartu kuning, dua pemain lainnya, yakni Aqil Savik dan Mario Jardel juga hampir dipastikan tak akan diturunkan karena masih dalam pemulihan akibat cedera. "Barusan kita juga mendapatkan informasi bahwa ada salah seorang pemain muda kita yang terkonfirmasi positif Covid 19 berdasarkan hasil tes antigen. Tentunya, kepastian hasil akhir akan didapatkan besok, setelah hasil tes PCR dilakukan," ujarnya. Hasih adanya sejumlah laga berat tersisa pascalaga kontra Persiraja, menurut Robert, memang memaksanya untuk berhati hati agar tak ada lagi pemainnya yang harus absen, baik karena cedera maupun akumulasi kartu.

"Meski begitu, bukan berarti kita akan melepas peluang (kemenangan) di pertandingan bnanti. Tetapi kita juga harus memperhatikan mengenai pemain pemain, yang tentunya sangat rawan (absen) ketika kita akan menghadapi tim yang bisa dikatakan mengejar target yang sama, yaitu titel juara," ujar Robert. Berkaca dari pertandingan menghadapi Persija Jakarta beberapa hari lalu, ketika Persib mendapatkan enam kartu kuning, kata Robert, hal serupa tentu juga menjadi kekhawatirannya pada laga nanti. "Pada laga menghadapi Persija kemarin, kita mendapatkan enam kartu kuning yang sepertinya begitu mudah kartu itu keluar. Kemudian kita coba evaluasi dan berbicara dengan semua pemain, dan yang bisa diambil kesimpulan, hanya ada satu kartu kuning yang layak diberikan. Tentunya hal itu menjadi sebuah catatan dan juga kekhawatiran bagi saya, karena jangan jangan di pertandingan nanti hal yang sama akan terjadi juga," katanya.

Pelatih Persiraja Banda Aceh, Sergio Alexandre, mengatakan timnya akan menampilkan yang terbaik untuk menghadapi Persib Bandung. Bahkan, tim berjuluk Laskar Rencong itu menjanjikan penampilan terbaik seperti di laga laga sebelumnya. "Meskipun saat ini kami berada di posisi yang kurang beruntung (zona degradasi), kami akan tetap fokus melihat pertandingan demi pertandingan hingga akhir musim kompetisi," ujarnya dalam konferensi pers virtual pre match, Jumat (4/3). Ia mengaku tak ada persiapan khusus yang dilakukan timnya untuk pertandingan melawan Persib Bandung nanti. Menurutnya, laga melawan Persib Bandung tak akan berbeda dari pertandingan pertandingan yang lain.

Namun, ia berharap, timnya bisa kembali membuat kejutan dan mengamankan tiga poin. "Kami akan bekerja keras hingga akhir pertandingan nanti," ujarnya Sergio. "Kami akan memberikan yang terbaik di enam pertandingan terakhir ini." Sejauh ini, Persibmemang selalu unggul saat berhadapan dengan Persiraja. Pertemuan pertama kedua tim, 2007 silam, Persib unggul tipis 2 1. Namun, pada pertemuan kedua pada tahun yang sama, Persib telak dengan skor 4 0. Terakhir, duel kedua tim terjadi pada putaran pertama BRI Liga 1 musim ini, yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman Yogyakarta (24/11/2021). Persib juga punggul telak dengan skor identik 4 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Positif Thinking Ternyata Tak Selalu Baik, Waspadai Toxic Positivity
Next post Tak Ada Teja Paku Alam Saat Persib Menang 3-1 Lawan Persiraja, Maung Simpan Buat Lawan Arema FC?