Kecewa Roy Suryo Ikut Touring Mercy, Pelapor Meme Stupa Mirip Jokowi Tunggu Langkah Polisi

Perwakilan umat Buddha mengaku kecewa melihat video eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo mengikuti touring bersama komunitas Mercedes Benz Club Indonesia. Diketahui Roy Suryo saat ini sudah ditetapkan Polda Metro Jaya sebagai tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur yang diedit menjadi mirip Presiden Jokowi. Herna Sutana selaku kuasa hukum pelapor kasus meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kurniawan Santoso, mengungkap kekecewaanya karena Roy Suryo masih bisa mengikuti taouring.

"Tentu kami sebagai umat Buddha kecewa sekali. Manusiawi sekali kami kecewa," ujar Herna kepada wartawan di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (3/8/2022). Meski mengaku kecewa, Herna menyebut pihaknya tidak akan memberikan reaksi yang berlebihan soal beredarnya video yang viral tersebut. Di sisi lain, Herna juga tidak mau ambil pusing soal proses hukum terhadap pakar telematika tersebut.

Saat ini, Herna hanya menunggu keputusan dari penyidik Polda Metro Jaya soal pertimbangan tidak ditahannya Roy Suryo meski sudah ditetapkan sebagai tersangka. "Kan berita ini baru kemarin. Jadi masih sangat prematur kalau kami mengambil tindakan. Karena kami yakin dan percaya bahwa penyidik sendiri pun mempunyai sikap sendiri, keadilan itu ada," kata Herna. "Jadi kami masih menunggu, kami lihat perkembangannya seperti apa. Setelah itu Baru kami akan memikirkan langkah hukum apa yang mau kami ambil," sambungnya.

Sebelumnya, jagat maya postingan foto Roy Suryo yang kedapatan sedang touring bareng komunitas mobil. Foto ini ramai diperbincangkan di twitter. Dalam foto itu tampak mantan politisi Partai Demokrat diduga menghadiri kegiatan ngopi bareng dengan salah satu komunitas klub mobil.

Tampak Roy berdiri bersama beberapa orang anggota komunitas itu sambil berpose mengacungkan jempol. Roy Suryo juga mengenakan penyangga leher berwarna biru seperti orang yang mengalami cedera. Raut wajah Roy tampak ceria seperti tidak menunjukkan bahwa ia sedang sakit.

Dalam foto itu Roy menunjukkan raut wajah yang seolah olah tak menunjukkan seperti orang sakit seperti yang ia alami saat menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama di Polda Metro Jaya. Lantas apa tanggapan polisi? Polda Metro Jaya akhirnya buka suara terkait beredarnya foto itu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, bahwa alasan penyidik tak menahan Roy Suryo karena alasan sakit. "Roy Suryo viral touring kenapa dia tidak ditahan, dia alasan sakit ternyata di luar dia aktivitas seperti itu. Jadi penyidik punya pertimbangan kenapa belum ditahan," kata Zulpan kepada wartawan, Selasa (2/8/2022). Meski begitu, Zulpan tak menjelaskan lebih lanjut perihal alasan apa yang menguatkan sehingga Roy belum dilakukan penahanan sampai bisa beraktivitas bersama komunitas mobil itu.

Diberitakan sebelumnya, Zulpan menjelaskan tak ditahannya Roy dalam kasus meme stupa Candi Borobudur merupakan kewenangan penyidik. Hal itu sesuai prosedur dalam menangani kasus yang dilaporkan oleh perwakilan umat Budha. Penyidik mempunyai alasan kuat dan berkeyakinan bahwa Roy akan kooperatif selama proses penyidikan.

"Memang tidak dilakukan penahanan karena penyidik menganggap atas pertimbangan penyidik tidak perlu dilakukan penahanan sebagaimana diatur dalam KUHP yaitu penyidik bisa atas keyakinannya ya, pertimbangan penyidik, tidak dilakukan penahanan," kata Zulpan. "Di antaranya atas dasar Roy Suryo kooperatif, kemudian tidak akan melarikan diri, tidak akan menghilangkan barang bukti, dan sebagainya sehingga tidak dilakukan penahanan," pungkas Zulpan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post KKP dan kalikan.id Bawa Pelaku Usaha Ikan Hias Air Tawar Go Digital
Next post FAKTA Bharada E Jadi Tersangka Penembakan Brigadir J: Langsung Ditahan, Dijerat Pasal Pembunuhan