Kakak Ridwan Kamil Jelaskan Kedatangan Pengiring Jenazah Eril di Indonesia hingga Menuju ke Bandung

Kakak Kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, menjelaskan prosesi kedatangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Indonesia. Menurutnya, rombongan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan jenazah Eril akan tiba di tanah air pada Minggu (12/6/2022) sore. Setibanya di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), jenazah Eril akan dibawa ke kargo jenazah.

Selanjutnya, jenazah putra sulung Ridwan Kamil ini akan dibawa langsung ke Bandung, Jawa Barat. “Rombongan saat ini sudah berangkat dari Doha, Qatar, perkiraan waktu ketibaan pukul 15.45 WIB.” “Setibanya di tanah air, rombongan dan jenazah akan dibawa di lokasi kargo jenazah, sebagaimana setiap WNI yang wafat di luar negeri untuk memproses keseluruhan prosedur dan administrasi,” kata Erwin saat menyampaikan keterangan pers di Bandara Soetta, MInggu (12/6/2022) siang.

“Setelah keseluruhan proses dilaksanakan, kami secepatnya bertolak ke Bandung menuju ke kediaman resmi Gubernur Jabar, Gedung Pakuan di Bandung,” lanjutnya. Setelah tiba di Gedung Pakuan, jenazah Eril akan disholatkan. Rencananya, sang ayah, Ridwan Kamil akan memimpin keluarga besar untuk melaksanakana sholat jenazah.

Barulah warga diizinkan untuk mensholatkan jenazah Eril di Gedung Pakuan pada mala mini hingga keesokan harinya. Sebab, pada hari Senin (13/6/2022) pukul 09.00 WIB, rombongan dan jenazah akan bertolak kepemakaman Cimaung, Kabupaten Bandung di area Islamic Centre dari keluarga besar. “Selepas itu, maka warga atau publik yang ingin mensholatkan maupun mendoakan akan diberikan kesempatan di Gedung Pakuan pada pukul 23.00 – 08.00 WIB,” jelas Erwin.

Terkait proses pemakaman, Erwin mengatakan, akan ada pengaturan. Sehingga, diharapkan kepada keluarga atau tokoh yang akan hadir sudah berada di lokasi pukul 10.00 WIB. “Diharapkan acara proses pemakaman dapat dilaksanakan pukul 11.00 WIB, berakhir tengah hari.”

“Setelah proses pemakaman selesai, maka area dibuka akses untuk warga lainnya untuk dapat melaksanakan doa atau ziarah kubur,” ucapnya. Sementara itu, berdasarkan pantauan di kanal YouTube Kompas TV, mulai banyak warga atau pelayat yang datang ke Gedung Pakuan, rumah dinas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamilpada Minggu siang. Bahkan, ribuan karangan bunga untuk Eril juga tampak memenuhi area Gedung Pakuan.

“Sampai siang ini sejumlah persiapan sudah dilakukan Pemprov Jabar berkoordinasi dengan keluarga.” “Berdasarkan pantauan pagi hingga siang ini, jumlah warga datang ke lokasi ini terus berdatangan, bahkan jumlahnya lebih banyak dari beberapa hari lalu,” ucap jurnalis Kompas TV. “Memasuki pukul 13.00 WIB, karena animo masyarakat yang tinggi sehingga masyarakat yang mau masuk dan melihat kondisi area Gedung Pakuan ini juga harus disesuaikan,” lanjutnya.

Disebutkan, para petugas keamanan juga mengatur jumlah warga yang akan masuk ke area Gedung Pakuan. Adapun untuk pintu masuk yang dibuka di Gedung Pakuan hanya satu, sehingga hanya ada satu akses untuk masuk ke Kawasan. Namun, nantinya akan dilakukan sistem buka tutup untuk mencegah penumpukan.

Sebagaimana diketahui, kabar ditemukannya jasad Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) disampaikan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad pada Kamis (9/6/2022) malam. Setelah hampir dua pekan pencarian, jasad putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss. "Saya ingin menyampaikan kabar bahwa kemarin, Rabu (8/6/2022), Kepolisian Kantor Bern telah bertemu kami bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad yang diduga ananda Eril jam 06:50 pagi waktu Swiss atau 11.50 WIB," katanya saat menyampaikan keterangan pers secara daring, Kamis (9/6/2022).

Muliaman menjelaskan, setelah hasil tes DNA dilakukan, identitas jasad yang ditemukan pihak kepolisian adalah benar jasad putra sulung Ridwan Kamil. Dikutip dari , Ratusan personel dari Polresta Bandara Soekarno Hatta dan Polda Jawa Barat akan mengamankan kedatangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz di Bandara Soekarno Hatta. Seperti diketahui, jenazah putra sulung dari Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil tersebut akan mendarat di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu (12/6/2022) sore.

Kapolresta Bandara Soekarno Hatta, Kombes Pol Sigit Dany Setiyono mengatakan, pihaknya menerjungkan 120 personel gabungan untuk pengamanan pria yang akrab disapa Eril. "Total personel keseluruhan ada 120 orang," ujar Sigit, Minggu (12/6/2022). Nantinya, ada beberapa titik yang akan diamankan demi kelancaran proses penurunan jenazah dari pesawat sampai ke Terminal Kargo atauHumanRemains.

"Untuk pengamanan proses kedatangan jenazah Eril dan rombongan di Bandara Soetya kota bagi jadi tiga, yakni rute, lokasi dan parkir," imbuhnya. Dikutip dari , Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan sang istri, Atalia Praratya mempersilakan masyarakat untuk melakukan takziah dan menyalatkan jenazah putra sulung mereka, Emmeril Kahn Mumtadz. Rencananya, jenazah Emmeril atauErilini akan tiba diGedungPakuan, Kota Bandung, Minggu (12/6) pukul 22.00 WIB.

Hal tersebut, diumumkan Ridwan Kamil melalui akun resmi instagramnya. Kini, Ridwan Kamil tengah dalam perjalanan pulang ke Tanah Air dari Swiss bersama jenazah Eril. "Saat ini saya sedang membersamai JenazahErilyang Insya Allah akan tiba jam 16.00 hari Minggu ini di Bandara Soekarno Hatta untuk selanjutnya berangkat ke Bandung," tulisRidwanKamil.

"Jika ingin Takziah dipersilakan jika berkenan antara jam 22.00 Minggu malam sampai jam 08.00 Senin pagi diGedungPakuan." "Jam 09.00 akan diberangkatkan ke pemakaman keluarga di Cimaung, Banjaran Kab Bandung." "Doakan, Insya Allah lancar semua urusan perjalanan pulang ini," kata @ridwankamil.

Selain itu, informasi agenda pemakaman jenazah Eril juga diumumkan melalui akun instagram Atalia Praratya. "Disemayamkan dan disholatkan di gedung negara pakuan Ahad 12.06.22 pukul 22.00 WIB Senin 13.06.22 pukul 08.00 WIB," tulisnya. Atalia mengatakan pemakaman dilakukan di lokasi pembangunan Islamic Center di Cimaung, Senin pukul 11.00 WIB.

Nantinya, gerbang akan ditutup pukul 10.00 WIB. "Untuk menghindari kemacetan dan ziarah yang lebih nyaman, kami menghimbau agar para penziarah datang di hari hari berikutnya (Selasa 14.06.22 sampai Ahad 19.06.22 pukul 08.00 17.00)," katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Tata Cara Menghubungkan Rekening atau E-Wallet untuk Insentif Kartu Prakerja
Next post Jajaki Koalisi dengan PKS, PKB Tak Tutup Peluang Gabung KIB