Asyik, Headway Antar Kereta di Stasiun Manggarai Bakal Diperpendek Jadi 3 Menit

Pengembangan Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral, diklaim mampu membuat headway antar Kereta Rel Listrik (KRL) menjadi tiga menit. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan, saat pembangunan Stasiun Manggarai selesai mampu membuat headway antar kereta menjadi tiga menit. Selain itu, seiring dengan headway yang lebih pendek yaitu tiga menit maka akan meningkatkan daya angkut KRL menjadi 2 juta orang per hari.

“Target kita headway tiga menit dengan total penumpang yang akan melakukan perjalanan mencapai 2 juta orang,” ucap Zulfikri, Jumat (8/7/2022). Meski begitu, target tersebut dilakukan secara bertahap melalui metode switch over (SO). Pada November 2022 mendatang, Kemenhub akan kembali melaksanakan SO ke 6. “November nanti, akan ada SO 6 dan ini diharapkan dapat mengurangi headway antar kereta menjadi lima menit. Kemudian nanti ada SO 7 lalu terakhir ultimate pada 2025 nanti,” ucap Zulfikri.

Headway antar kereta saat ini, lanjut Zulfikri, sekitar 6 sampai 8 menit dan dengan SO 6 ini akan berkurang menjadi 5 menit. Menurut Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo, saat ini kendala membuat headway antar kereta lebih sedikit karena persinyalan yang belum memadai. “Kami inginnya headway sependek mungkin, tapi dengan persinyalan saat ini belum memungkinkan,” ucap Didiek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post PROFIL Paul Walker, Karier, Masa Muda, dan Kematiannya saat Syuting Film Fast and Furious 7
Next post Semangat Gabung Gillingham FC, Elkan Baggott Punya Misi Khusus Meski Turun Kasta